Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh pendengar. Umumnya, orang yang melakukan pidato akan menyampaikan gagasannya kepada orang lain atau pendengar.

Dalam artikel ini kita akan memberikan contoh teks pidato Bahasa Arab. Tema yang akan kita ambil untuk contoh teks pidato Bahasa Arab tersebut yaitu tentang “Bulan Rajab”

Bulan Rajab adalah bulan istimewa di mana pahala dilipatgandakan. Bulan ini adalah bulan ke sepuluh dalam kalender Islam. Ini tepat dua bulan sebelum umat muslim di seluruh dunia menyambut bulan suci Ramadan.

Berikut adalah contoh teks pidato Bahasa Arab tentang Bulan Rajab. Yuk, simak berikut contohnya.

Contoh Teks Pidato Bahasa Arab Tentang Bulan Rajab

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ.

هَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

أَيُّهَا الْإِخْوَةُ وَالْأَخَوَاتُ رَحِمَكُمُ اللَّهُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى اَلَّذِي أَنْعَمَنَا كَثِيرًا. وَبِفَضْلِ اللَّهِ يُمْكِنُنَا أَنْ نَحْضُرَ وَنَجْتَمِعَ فِي هَذِهِ اَلْقَاعَةِ الْمُبَارَكَةِ لِذِكْرَى الْإِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 1445 هـ 2024مَاسِيحِي.

نُصَلِّي صَلَاةً وَسَلَامًا عَلَى حَبِيبِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، نَبِيّ آخِرُ الزّمَانِ، نَبِيّ بِمُعْجِزَةِ الْقُرْآنِ، نَبِيّ اللَّهِ الَّذِي صَنَعَهُ اللَّهُ مِنْ خِلَالِ حَدَثِ الْإِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ. وَنَتَمَنَّى مَعَ كَثْرَةِ الصَّلَاةِ إِلَيْهِ، نُحَصِّلُ شَفَاعَةً فِي يَوْمِ الْآخِرِ.

أَيُّهَا الْإِخْوَةُ وَالْأَخَوَاتُ رَحِمَكُمُ اللَّهُ

صَلِّي صَلَاةً وَسَلَامًا عَلَى حَبِيبِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، نَبِيّ آخِرُ الزّمَانِ، نَبِيّ بِمُعْجِزَةِ الْقُرْآنِ، نَبِيّ اللَّهِ الَّذِي صَنَعَهُ اللَّهُ مِنْ خِلَالِ حَدَثِ الْإِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ. وَنَتَمَنَّى مَعَ كَثْرَةِ الصَّلَاةِ إِلَيْهِ، نُحَصِّلُ شَفَاعَةً فِي يَوْمِ الْآخِرِ.

الْحَمْدُ لِلَّهِ، هَذَا اَلْعَامَ ، قَدْ مَنَحَنَا اللَّهُ فُرْصَةَ اَلْعُمْرِ لِمُوَاجَهَةِ 27 رَجَبٍ 1445 هِـجْرِيَّةً اَلَّذِي فِيهَا ذِكْرَى إِسْرَاءَ مِعْرَاجِ رَسُولِ اَللَّهِ صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

عَلَى الرَّغْمِ، أَنَّ هَذَا الْبَلَدَ الْآنَ لَا يَزَالُ يُعَانِي مِنْ بَلَاءٍ قَاسِيَةٍ عَلَى شَكْلِ وَبَاءٍ، وَلَكِنْ نَرْجُو نَفْسَنَا وَأُسْرَتَنَا وَالْأُمَّةَ بِالْحَمَاسَةِ فِي تَحْقِيقِ التَّقْوَى.

الْقِصَّةُ عَنْ آيَةِ غَيْرَعَادِي بِعُنْوَانِ الْإِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ لِلنَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَنَتَذَكَّرُ مَرَّةً أُخْرَى عَنْ أَهَمِّيَّةِ الصَّلَاةِ.

وَكَيْفَ لَا؟ فَالصَّلَاةُ هِيَ الْعِبَادَةُ الْخَاصَّةُ الرَّئِيسِيَّةُ الَّتِي أَمَرَ اللَّهُ بِهَا رَسُولُ اللَّهِ وَأُمَّتَهُ.

كَدَلِيلٍ عَلَى فَضِيلَةِ أَمْرِ الصَّلَاةِ، اسْتَقْبَلَ الرَّسُولُ أَمْرَ الصَّلَاةِ مِنْ خِلَالِ وَسَاطَةِ الْمَلَائِكَةِ جِبْرِيلَ وَبُرَّاقٌ عَبْرَ طَبَقَاتِ السَّمَاءِ السَّبْعَةِ إِلَى سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى.

لَيْسَ فَقَطْ عَبْرَ فِي السَّمَاءِ، بَلْ أَظْهَرَ اللَّهُ أَيْضًاً قُدْرَتَهُ عَلَى أَنَّهُ اللَّهُ الْعَظِيمُ وَالْغَنِيُّ وَالْحَمِيدُ.

بَعْدَ الْإِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ، رَأَى النَّبِيُّ مُحَمَّدٌ الْجَنَّةَ وَالنَّارَ وَبَيْتَ الْمَعْمُورِ الَّذِي أَصْبَحَ مَكَّةَ الْمَلَائِكَةَ. إِنَّهُ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقِيقٌ.

ثُمَّ، كَيْفَ قَصَّتْنَا كَأُمَّةِ أَخِيرِ الزَّمَانِ الْيَوْمَ؟

إِلَى جَانِبِ تَطَوُّرِ التِّكْنُولُوجْيَا وَمُرُورِ الْوَقْتِ، تَبْدُو تَحَدِّيَات الْحَيَاةِ وَتَجَارِبهَا ثَقِيلَةً أَيْضًا. نَرَى الْمَسَاجِدَ الرَّائِعَةَ أَكْثَرَ، لَكِنَّ الْمُصَلِّينَ يَزْدَادُونَ هُدُوءًا.

الْجَدَاوِلُ بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ بِسَبَبِ اَلْخِلَافَاتِ اِرْتِفَاعًا مِمَّا يَجْعَلُ اَلْإِسْلَامَ يَبْدُو مُشَتَّتًا. لَيْسَ قَلِيلًا مِنْ اَلْمُسْلِمِينَ يَتَجَادَلُونَ حَوْلَ اَلصَّلَاةِ، لَكِنَّهُمْ فِي اَلْحَقِيقَةِ لَيْسُوا يُصَلُّونَ.

أَيُّهَا الْإِخْوَةُ وَالْأَخَوَاتُ رَحِمَكُمُ اللَّهُ. حَيٌّ نُفَكِّرُ مَعًا، مَا الْخَطَأُ فِي ذَلِكَ؟

وَالْخَطَأُ مَا هُوَ إِلَّا الصَّلَاةُ. الصَّلَاةُ غَيْرُ صَحِيحَةٍ، وَالصَّلَاةُ لَيْسَتْ بِالْقَلْبِ ، وَالصَّلَاةُ لَمْ تُقَدِّمْ الْجَسَدَ وَالرُّوحَ لِمُوَاجَهَةِ اللَّهِ.

إِذَا كَانَتْ صَلَوَاتُنَا صَحِيحَةً مِنْ حَيْثُ النَّوَايَا وَالشَّرِيعَةُ وَالْمَعْرِفَةُ، فَإِنَّ هَذِهِ الذَّاتَ سَتُصْبِحُ حَقًا إِنْسَانًا أَفْضَلَ وَأَقْرَبَ إِلَى التَّقْوَى.

قاَلَ الله تَعَالَى فِي صُورَة اَلْعَنْكَبُوْت…إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ وَلَذِكۡرُ ٱللَّهِ أَكۡبَرُۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُونَ.

أَيُّهَا الْإِخْوَةُ وَالْأَخَوَاتُ رَحِمَكُمُ اللَّهُ

فِي ذِكْرَى الْإِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ 1445 هِجْرِيَّةً عَامِ 2024 ، دَعُونَا نَعْمَلْ مَعًا لِتَحْسِينِ الصَّلَاةِ. إِنَّ تَحْسِينَ الصَّلَاةِ هُنَا لَيْسَ فَقَطْ إِتْقَانَ الْحَرَكَاتِ وَالْقِرَاءَاتِ، وَلَكِنْ أَيْضًا إِتْقَانُ النِّيَّةِ، وَالْخُشُوعِ، وَكَذَلِكَ جَعْلُ الصَّلَاةِ حَاجَةً فِي الْحَيَاةِ. لِأَنَّ اَلدُّنْيَا لَيْسَ مِنْ مَحَطَّةِ تَوَقُّفٍ، فَعَلَيْنَا أَنْ نُجَهِّزَ اَلْكَثِيرَ لِلْآخِرَةِ.

يُّهَا الْإِخْوَةُ وَالْأَخَوَاتُ رَحِمَكُمُ اللَّهُ

هَذَا هُوَ الْخِطَابُ الَّذِي يُمْكِنُنِي أَنْ أُلْقِيَهُ فِي هَذِهِ الْفُرْصَةِ الْمُبَارَكَةِ. إِذَا وَجَدْتُمْ مِنِّي خَيْرًا فَهُوَ مِنَ اللَّهِ، وَإِذَا وَجَدْتُمْ مِنِّي الْخَطَاءَ فَاسْتَعْفِيكُمْ أَكْبَرَ الْإِسْتِعْفَافِ مِنْكُمْ جَمِيعًا. هَدَانَا اللَّهُ وَإِيَّاكُمْ أَجْمَعِينَ. وَاَللَّهُ الْمُوَفّقُ إِلَى أَقْوَامِ الطَّرِيقِ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya:

Saudara-saudari yang berbahagia,

Pertama-tama, marilah kita bersyukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah” atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita sehingga pada hari ini kita bisa berdiri, duduk, serta tersenyum gembira menyambut momentum Isra’ Mi’raj Nabi.

Shalawat dan salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Akhir Zaman, Nabi dengan mukjizat Al-Quran, Nabi yang Allah perjalankan melalui peristiwa Isra’ wal Mi’raj, Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan seiring dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Saudara-saudari yang dirahmati oleh Allah SWT,

Alhamdulillah pada tahun ini, kita diberi kesempatan umur oleh Allah SWT untuk bertamu ke momentum 27 Rajab 1445 Hijriah yang bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW.

Meskipun sekarang negeri ini masih ditimpa cobaan yang berat berupa wabah, namun semoga saja semangat diri, keluarga, dan umat terus terjaga dalam meraih takwa.

Berkisah tentang peristiwa luar biasa bertajuk Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, maka kita akan kembali teringat tentang pentingnya ibadah shalat.

Bagaimana tidak, shalat adalah ibadah spesial nan utama yang Allah perintahkan kepada Rasulullah dan umat.

Sebagai bukti dari keutamaan perintah tersebut, Allah menjemput Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril dan Buraq agar Rasul bisa menjemput perintah shalat melewati 7 lapis langit hingga ke Sidratul Muntaha.

Tidak hanya sekadar melewati langit, tapi Allah juga menunjukkan kekuasaan-Nya sebagai Tuhan yang Maha Agung, Maha Kaya, lagi Maha Terpuji.

Setelah melakukan perjalanan Mi’raj, Nabi Muhammad SAW melihat surga, neraka, dan juga baitul makmur yang menjadi kiblatnya para malaikat. Itu adalah bukti bahwa janji Allah benar-benar nyata.

Lalu, bagaimana dengan kisah kita sebagai umat akhir zaman di hari ini?

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan berlalunya zaman, tantangan maupun ujian hidup pun terasa berat. Kita saksikan, masjid megah makin banyak, tapi jamaah shalat makin sepi.

Perdebatan antar sesama muslim gara-gara perselisihan pendapat semakin melunjak dan membuat Islam seakan-akan tercerai-berai. Tidak sedikit orang berdebat tentang shalat, tapi nyatanya mereka belum tentu melaksanakan shalat.

Teman-teman yang dirahmati Allah, kiranya, apa yang salah dari hal tersebut?

Yang salah tiada lain dan tiada bukan ialah shalatnya. Shalatnya belum benar, shalatnya belum dengan hati, dan shalatnya belum benar-benar menghadirkan jasmani dan rohani untuk menghadap Allah.

Kalaulah shalat kita benar dari segi niat, syariat, serta ilmunya, maka sungguh diri ini akan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan takwa.

Allah berkalam dalam Al-Quran Surah Al-Ankabut ayat 45:

قاَلَ الله تَعَالَى فِي صُورَة اَلْعَنْكَبُوْت…إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ وَلَذِكۡرُ ٱللَّهِ أَكۡبَرُۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُونَ

Saudara-saudari yang berbahagia;

Pada momentum Isra’ Mi’raj 1445 Hijriah tahun 2024 ini, marilah kita sama-sama berupa untuk memperbaiki shalat. Memperbaiki shalat di sini tidak hanya sekadar menyempurnakan gerakan dan bacaan, tetapi juga menyempurnakan niat, khusyuk, sekaligus menjadikan shalat sebagai kebutuhan dalam hidup. Karena dunia ini hanyalah persinggahan, maka sudah semestinya kita menyiapkan bekal yang banyak untuk persiapan di akhirat.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Semoga bisa dipetik hikmah dan kebaikan darinya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh teks pidato Bahasa Arab tentang Bulan Rajab. Jika Anda mendapatkan tugas untuk membawakan pidato bahasa Arab pada bulan rajab. Contoh tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensinya. Semoga bermanfaat.

Untuk Harga Bekas, Credit, Cicilan Bisa Anda Dapatkan di Toko Terdekat di kota anda Seperti di kota Airmadidi | Ampana | Amurang | Andolo | Banggai | Bantaeng | Barru | Bau-Bau | Benteng | Bitung | Bolaang Uki | Boroko | Bulukumba | Bungku | Buol | Buranga | Donggala | Enrekang | Gorontalo | Jeneponto | Kawangkoan | Kendari | Kolaka | Kotamobagu | Kota Raha | Kwandang | Lasusua | Luwuk | Majene | Makale | Makassar (Ujung Pandang) | Malili | Mamasa | Mamuju | Manado (Menado) | Marisa | Maros | Masamba | Melonguane | Ondong Siau | Palopo | Palu | Pangkajene | Pare-Pare | Parigi | Pasangkayu | Pinrang | Polewali | Poso | Rantepao | Ratahan | Rumbia | Sengkang | Sidenreng | Sigi Biromaru | Sinjai | Sunggu Minasa | Suwawa | Tahuna | Takalar | Tilamuta | Toli Toli | Tomohon | Tondano | Tutuyan | Unaaha | Wangi Wangi | Wanggudu | Watampone | Watan Soppeng | Cliquers | Libuo Palma | Aek Kanopan | Arga Makmur | Arosuka | Balige | Banda Aceh | Bandar Lampung | Bagansiapiapi | Baganbatu | Bandar Seri Bintan | Bangkinang | Bangko | Banyuasin | Batam | Baturaja | Batusangkar | Bengkalis | Bengkulu | Binjai | Bintuhan | Bireuen | Blambangan Umpu | Blangpidie | Blang Kejeren | Bukittinggi | Calang | Curup | Daik | Dolok Marawa | Dumai | Gedong Tataan | Gunung Sitoli | Gunung Sugih | Gunung Tua | Idi Rayeuk | Indralaya | Jambi | Jantho | Kabanjahe | Kalianda | Karang Baru | Karang Tinggi | Kayu Agung | Kepahiang | Kisaran | Koba | Kota Agung | Kotabumi | Kota Pinang | Kuala Tungkal | Kutacane | Lahat | Lahomi | Langsa | Lhokseumawe | Lhoksukon | Limapuluh | Liwa | Lotu | Lubuk Basung | Lubuk Bendaharo | Lubuk Linggau | Lubuk Pakam | Lubuk Sikaping | Manggar | Manna | Martapura (Sumatera Selatan) | Medan | Menggala | Mentok | Metro | Meulaboh | Meureude | Muara Aman | Muara Bulian | Muara Bungo | Muara Dua | Muara Enim | Muara Sabak | Muara Tebo | Muaro Sijunjung | Mukomuko | Padang | Padang Aro | Padang Panjang | Padang Sidempuan | Pagaralam | Painan | Palembang | Pandan | Pangkalan Kerinci | Pangkal Pinang | Panguruan | Panyabungan | Pariaman | Parit Malintang | Pasir Pengarayan | Payakumbuh | Pekanbaru | Pematang Siantar | Prabumulih | Pringsewu | Pulau Punjung | Ranai | Rantau Prapat | Raya | Rengat | Sabang | Salak | Sarila | Sarolangun | Sawahlunto | Sei Rampah | Sekayu | Selat Panjang | Sengeti | Siak Sri Indrapura | Sibolga | Sibuhuan | Sidikalang | Sigli | Simpang Ampek | Simpang Tiga Redelong | Sinabang | Singkil | Sipirok | Solok | Stabat | Subulussalam | Sukadana | Suka Makmue | Sungailiat | Sungai Penuh | Takengon | Tais | Tanjung Balai (Sumatera Utara) | Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau) | Tanjung Enim | Tanjung Pandan | Tanjung Pinang | Tapaktuan | Tarempa | Tarutung | Tebing Tinggi (Sumatera Utara) | Tebing Tinggi (Sumatera Selatan) | Teluk Dalam | Teluk Kuantan | Tembilahan | Toboali | Tuapejat | Ujung Tanjung | Ambarawa | Anyer | Bandung | Bangil | Banjar (Jawa Barat) | Banjarnegara | Bangkalan | Bantul | Banyumas | Banyuwangi | Batang | Batu | Bekasi | Blitar | Blora | Bogor | Bojonegoro | Bondowoso | Boyolali | Bumiayu | Brebes | Caruban | Cianjur | Ciamis | Cibinong | Cikampek | Cikarang | Cilacap | Cilegon | Cirebon | Demak | Depok | Garut | Gresik | Indramayu | Jakarta | Jember | Jepara | Jombang | Kajen | Karanganyar | Kebumen | Kediri | Kendal | Kepanjen | Klaten | Kota Palabuhanratu | Kraksaan | Kudus | Kuningan | Lamongan | Lumajang | Madiun | Magelang | Magetan | Majalengka | Malang | Mojokerto | Mojosari | Mungkid | Ngamprah | Nganjuk | Ngawi | Pacitan | Palabuhanratu | Pamekasan | Pandeglang | Pare | Pati | Pasuruan | Pekalongan | Pelabuhan Ratu | Pemalang | Ponorogo | Probolinggo | Purbalingga | Purwakarta | Purwodadi | Purwokerto | Purworejo | Rangkasbitung | Rembang | Salatiga | Sampang | Semarang | Serang | Sidayu | Sidoarjo | Singaparna | Situbondo | Slawi | Sleman | Soreang | Sragen | Subang | Sukabumi | Sukoharjo | Sumber | Sumedang | Sumenep | Surabaya | Surakarta | Tasikmalaya | Tangerang | Tangerang Selatan | Tegal | Temanggung | Tigaraksa | Trenggalek | Tuban | Tulungagung | Ungaran | Wates | Wlingi | Wonogiri | Wonosari | Wonosobo | Yogyakarta | Atambua | Baa | Badung | Bajawa | Bangli | Bima | Denpasar | Dompu | Ende | Gianyar | Kalabahi | Karangasem | Kefamenanu | Klungkung | Kupang | Labuhan Bajo | Larantuka | Lewoleba | Maumere | Mataram | Mbay | Negara | Praya | Raba | Ruteng | Selong | Singaraja | Soe | Sumbawa Besar | Tabanan | Taliwang | Tambolaka | Tanjung (Nusa Tenggara Barat) | Waibakul | Waikabubak | Waingapu | Denpasar | Negara | Bali | Singaraja | Tabanan | Bangli | Pontianak | Samarinda | Banjarmasin | Balikpapan | Singkawang | Palangkaraya | Mempawah | Ketapang | Sintang | Tarakan | Putussibau | Sambas | Sampit | Banjarbaru | Barabai | Batang Tarang | Batulicin | Bengkayang | Bontang | Buntok | Kandangan | Kendawangan | Kotabaru | Kuala Kapuas | Kuala Kurun | Kuala Pembuang | Malinau | Marabahan | Martapura | Muara Teweh | Nanga Bulik | Nanga Pinoh | Ngabang | Nunukan | Pangkalan Bun | Paringin | Pelaihari | Penajam | Pulang Pisau | Purukcahu | Rantau | Sangatta | Sebatik | Sekadau | Sendawar | Sukadana | Sukamara | Sungai Raya | Tamiang Layang | Tanah Grogot | Tanjung | Tanjung Selor | Tanjung Redeb | Tenggarong | Ambon | Asmat | Biak | Bintuni | Boven Digoel | Buru Selatan | Buru | Deiyai | Dogiyai | Fakfak | Halmahera Barat | Halmahera Selatan | Halmahera Tengah | Halmahera Timur | Halmahera Utara | Intan Jaya | Jayapura | Jayapura (kota) | Jayawijaya | Kaimana | Keerom | Kepulauan Aru | Kepulauan Sula | Kepulauan Yapen | Lanny Jaya | Maluku Barat Daya | Maluku Tengah | Maluku Tenggara | Maluku Tenggara Barat | Mamberamo Raya | Mamberamo Tengah | Manokwari | Manokwari Selatan | Mappi | Maybrat | Merauke | Mimika | Nabire | Nduga | Paniai | Pegunungan Arfak | Pegunungan Bintang | Pulau Morotai | Pulau Taliabu | Puncak | Puncak Jaya | Raja Ampat | Sarmi | Seram Bagian Barat | Seram Bagian Timur | Sorong | Sorong Selatan | Supiori | Tambrauw | Teluk Bintuni | Teluk Wondama | Ternate | Tidore | Tolikara | Tual | Waropen | Yahukimo | Yalimo